Sabtu, 17 Maret 2018

Candi Prambanan ( Prambanan Temple )


CANDI PRAMBANAN 


Selain sebagai Tempat Wisata juga Sekaligus Tempat Belajar Sejarah



Candi Prambanan ( Prambanan Temple )merupakan salah satu candi terbesar di indonesia yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta . Candi tersebut adalah bagian dari salah satu warisan budaya bangsa indonesia yang berupa bangunan . Candi ini telah diakui oleh UNESCO ( United Nations Educational Scientific and Cultural Organization ) atau Organisasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebuydayaan Perserikatan Bangsa - Bangsa sejak tahun 1991 .

Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikata pada abad ke-9 dan merupakan Candi Hindu yang di dirikan pada masa Dinasti Sailendra Kerajaan Mataram. Pada kompleks Candi Prambanan terdapat tiga candi utama yaitu Candi Siwa , Candi Brahma dan Candi Wisnu. semua candi - candi tersebut merupakan dedikasi kepada tiga dewa besar dalam agama Hindu (Trimurti) yaitu dewa Siwa , Dewa Brahma , Dewa Wisnu . ketiga candi tersebut memiliki keunikan yang sama yaitu ketiga candi tersebut menghadap ke timur dan masing masing memiliki satu candi pendamping .

Pada candi utama atau Candi Siwa terdapat arca Siwa di dalam candi . selain itu Candi Siwa juga sering dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang karena terdapat arca Durga Mahisasurmadani atau yang di duga sebagai arca Roro Jonggrang dalam Candi Siwa. khonon arca tersebut tidak lepas Legenda seribu candi  yang merupakan kutukan dari Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang mencuranginya .



Menurut  legenda pada suatu  hari Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang yang jelita. Karena dendam kakanya (prabu Boko dibunuh Bandung Bandawasa) maka Jonggrang meminta Bondowoso membuat 1000  candi dalam semalam. Karena kesaktiannya Bandung hampir bisa memenuhi permintaan itu, namun Jonggrang menggagalkannya dengan menyuruh para makhluk halus membunyikan kentongan dan menyalakan api besa agar suasana seperti pagi hari. Bondowoso mengira hari sudah pagi, padahal dia baru dapat membuat 999 candi. Karena kesal Bandung mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000.


Lokasi Candi Prambanan
Candi Prambanan terletak di Jalan Raya Yogyakarta - Solo Km 16 Desa Bokoharjo , Kecamatan Prambanan , Kabupaten Sleman , Daerah Istimewa Yogyakarta .
Cara menuju/transportasi ke Prambanan:
1.    Dari Bandara

Keluar pintu utama melalui jalan bawah tanah kemudian naik bus trans jogja (Rp.3000) turun di halte prambanan kemudian jalan kaki sekitar 150 m)
2.    Stasiun Tugu dan lempuyangan
Naik kereta prameks (rp.10.000) turun Bandara kemudian naik bus trans jogja (Rp.3000) turun di halte prambanan kemudian jalan kaki sekitar 150 m)
3.    Terminal - Giwangan
a. naik prameks Naik kereta prameks (rp.10.000) turun Bandara kemudian naik bus trans jogja (Rp.3000) turun di halte prambanan kemudian jalan kaki sekitar 150 m)
b. Naik bus kota jalur 4 (RP.3000) turun di Janti (jembatan layang) kemudian naik bus jurusan Jogja-Solo atau minibus jurusan Jogja prambanan kemudian turun di dekat pintu masuk candi Prambanan
4.   Terminal Jombor
a.    Naik trans jogja turun di Prambanan (Rp.3000)
b.    Naik minibus kuning jurusan jogja-prambanan (RP.10.000)
Untuk alternatif Transportasi Anda juga dapat mengunakan Jasa Transportasi Online

Itulah sedikit info mengenai Candi Prambanan . apakah anda sekeluarga ingin berlibur di Candi Prambanan untuk mengenalkan pada anak - anak tentang sejarah candi prambanan mulai dini  . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar